Neo-Demokrasi
Gaya Hidup Headline

Stellantis Kenakan Teknologi Hybrid Terbaru

Dengan baterai yang diisi ulang saat berkendara, teknologi ini memberikan torsi ekstra pada putaran mesin rendah.

Surabaya, NEODEMOKRASI.COM – Tahun 2023 akan menjadi ‘tahun listrik’ bagi Peugeot dengan teknologi baru. Ini akan mencakup sistem hybrid baru yang dirancang oleh Stellantis, pada Peugeot  3008 dan 5008, sebelum diperluas ke model lainnya. Ini akan melengkapi keluarga mesin listrik yang sudah luas, termasuk varian plug-in hybrid, 100 persen listrik dan sel bahan bakar.

Sistem Peugeot 48V Hyubrid terdiri dari mesin bensin PureTech 136bhp generasi baru, ditambah gearbox elektrifikasi dual-clutch 6 kecepatan baru yang mencakup motor listrik.

Dengan baterai yang diisi ulang saat berkendara, teknologi ini memberikan torsi ekstra pada putaran mesin rendah dan menurunkan konsumsi bahan bakar hingga 15 persen (dari 126g CO2/km pada 3008 dan dari 128g CO2/km pada 5008). “Berkendara di perkotaan, SUV segmen C yang dilengkapi dengan sistem Hybrid dapat beroperasi lebih dari 50 persen dalam mode listrik nol emisi 100 persen,” ungkap Customer Satisfaction & Public Relations Astra Peugeot Mochammad Fajar Pamungkas, Jumat (10/3).

Pengemudi diinfokan tentang pengoperasian sistem hybrid melalui handset Peugeot i-Cockpit®, dan berbagai mode dapat diaktifkan secara otomatis.

Dalam berkendara sehari-hari, mesin pembakaran dan mesin listrik bekerja sama atau terpisah untuk mengoptimalkan konsumsi energi. Selama akselerasi yang kuat, mesin elektrik memberikan torsi tambahan ke mesin bensin pada putaran rendah.

Selama perlambatan, mesin bensin mati dan mesin listrik menjadi generator untuk mengisi ulang baterai 48V. Kendaraan hanya digerakkan dengan mesin listrik dalam mode emisi nol, di kota dalam jarak pendek dan saat bermanuver.

Bahan bakar hingga 15 persen lebih sedikit dan dari 126g CO2/km pada 3008 dan 128g pada 5008. Dibandingkan dengan mesin bensin non-listrik dengan fitur yang sebanding, mesin Hybrid menawarkan penghematan bahan bakar rata-rata sekitar 1 liter/100 km pada C- segmen SUV (siklus gabungan WLTP).(dan)

Related posts

Bedah Sosok Khofifah dalam Buku ‘Ibu’

Rizki

Polresta Sidoarjo Menang Praperadilan Kasus Dugaan Pemalsuan Surat

Rizki

Gudang Rongsokan di Sidoarjo Terbakar Hebat

Rizki