Neo-Demokrasi
Gaya Hidup Headline

Setengah Abad Peugeot Jadi Mobil Kepresidenan Prancis

Salah satu kendaraan kepresidenan Prancis buatan Peugeot.

Surabaya, NEODEMOKRASI.COM – Kendaraan Kepresidenan Republik Prancis lebih dari sekadar mobil. Peugeot telah menjadi salah satu pemasok Elysee selama setengah abad. Era dimulai dari Peugeot 604 Valéry Giscard d’Estaing hingga Peugeot 5008 Emmanuel Macron.

Sejarah terbaru pun terus ditorehkan Peugeot. Emmanuel Macron, presiden yang baru terpilih, tiba di upacara pelantikannya pada 14 Juli 2017 dengan sebuah Peugeot 5008.

“Peugeot 5008 ini diproduksi seperti semua tipe lainnya. Tetapi untuk alasan keamanan dipercayakan oleh pabrik Rennes dan Centigon, perusahaan Breton khusus yang melakukan pelapisan kendaraan,” ungkap Customer Satisfaction & Public Relations Astra Peugeot Mochammad Fajar Pamungkas, Senin (1/8).

Kembali pada tahun 1991, Istana Elysée mengakuisisi Peugeot 605 di bawah François Mitterrand yang telah diperpanjang dan dilapisi oleh perusahaan Breton Labbé (yang kemudian menjadi Centigon, perusahaan yang menyiapkan Peugeot 5008) kepresidenan. Limusin ini terutama digunakan oleh kepala negara yang dijamu di Prancis, seperti Mikhail Gorbachev (Uni Soviet), Hosni Mubarak (Mesir) dan Paus Yohanes Paulus II (Vatikan).

“Selama dua belas tahun bertugas di Istana Elysée, Jacques Chirac secara teratur menggunakan Peugeot 607 yang bergabung dengan armada mobil Kepresidenan Republik,” imbuh Mochammad Fajar Pamungkas .

Peugeot  607 Paladine karya Nicolas Sarkozy adalah mobil kepresidenan paling spektakuler dan berumur pendek di Republik Kelima.  Atas permintaan tim Nicolas Sarkozy, Peugeot 607 Paladine diambil dari Museum Peugeot. Pada 16 Mei 2007, Prancis dan dunia terkejut melihatnya di Champs-Elysées.

Plat nomor yang mana? Sampai tahun 1970-an, Istana Elysée memiliki penggunaan pelat nomor 1PR75 hingga 5PR75 untuk mobil presiden. Beberapa kendaraan terdaftar dengan 1PR75. Tradisi ini sekarang telah berakhir, dan mobil kepresidenan sekarang membawa plat nomor normal yang ditetapkan secara kronologis, seperti untuk semua kendaraan, oleh layanan pendaftaran kendaraan.

Apa yang terjadi dengan mobil setelah presiden pergi? Tidak ada aturan. Beberapa disimpan di kolam mobil Elysée, yang lain dijual atau diberikan ke museum. Misalnya, Tipe 156 Millerand, limusin Peugeot 604 Giscard d’Estaing, limusin Peugeot 605 Mitterrand dan Paladine Peugeot 607 disimpan oleh Musée de Aventure Peugeot.(dan)

Related posts

PLN Dorong Kebangkitan UMKM di Masa Pandemi

Rizki

Sebulan, Polisi Sidoarjo Bekuk 36 Tersangka Narkoba

Rizki

Ganja Sekilo Dilempar ke dalam Lapas, Nyangkut di Kawat Berduri

Rizki