Neo-Demokrasi
Headline Kesra

Ika Unair Sidoarjo Bantu Antromometri Kit dan Penyuluhan Stunting

Ketua Ika Unair Sidoarjo Abdullah Khizam turun langsung dalam kegiatan baksos ini.

Sidoarjo, NEODEMOKRASI.COM – Masalah stunting merupakan problem yang kompleks. Stunting banyak melibatkan multipihak.  Salah satu upaya pencegahan stunting dilakukan oleh Ika Unair Sidoarjo.

Mereka menggelar penyuluhan Stop Stunting: Menuju Generasi Sehat dan Unggul. Kegiatan ini diadakan di Balai Desa Entalsewu, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Kamis (17/11).

Sebelum acara dimulai, puluhan ibu yang menjadi peserta diminta untuk menceritakan pengalaman mereka bagaimana mencegah stunting di keluarganya. Mereka sangat antusias menceritakan pengalaman dalam pencegahan stunting.

Dalam penyuluhan ini juga dilakukan penyerahan Antromometri kit lengkap oleh Ika Unair Sidoarjo kepada kader kesehatan Desa Entalsewu.

Antromometri kit adalah alat yang digunakan untuk kegiatan pemantauan pertumbuhan balita. Biasanya terdiri dari alat ukur berat badan bayi (baby scale), alat ukur berat badan injak digital, alat ukur panjang badan, alat ukur tinggi badan, alat ukur lingkar lengan atas, dan alat ukur lingkar kepala.

Para kader kesehatan juga diberikan pelatihan cara penggunaan Antromometri tersebut. Sedangkan narasumber Berlian Aniek Herlina mengatakan, stunting sangat memengaruhi perkembangan fisik dan mental anak.

Kepala Desa Entalsewu Sukriwanto mengatakan, kegiatan ini sudah pas dilakukan oleh Ika Unair Sidoarjo. “Saya kira kegiatan ini sangat baik karena masalah stunting terjadi hampir di seluruh Indonesia. Apalagi ini merupakan program berkelanjutan dari kementerian,” jelasnya.

Ketua Ika Unair Sidoarjo Abdullah Khizam mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan 50 Tahun Ika Unair. “Kegiatan ini merupakan salah satu bagian bakti sosial yang dilakukan Ika Unair Sidoarjo,” katanya.(dan)

 

Related posts

Ada Sanksi Tegas bagi Pelanggar PPKM Darurat

Rizki

Marzuki Yahya Terpilih Jadi Ketua HPI Sidoarjo

Rizki

Bupati Sidoarjo Lantik Tiga Direktur PDAM

Rizki