Neo-Demokrasi
Headline Jatim Kesra

Petrokimia Gresik Tanam 12 Ribu Pohon di Pasuruan dan Batu

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo saat penanaman pohon.

Gresik, NEODEMOKRASI.COM – Petrokimia Gresik mendapat penugasan dari PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk turut andil dalam gerakan #BUMN Hijaukan Indonesia di Provinsi Jawa Timur dengan mengkoordinir kegiatan menanam 12.300 bibit pohon di Kabupaten Gresik,  Pasuruan, dan lahan bekas longsor Kota Batu, Minggu (28/11).

Gerakan ini merupakan program Kementerian BUMN untuk menyemarakkan Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap tanggal 28 November.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya secara virtual menyampaikan bahwa gerakan ini merupakan wujud kecintaan insan BUMN, pemerintah daerah dan seluruh individu yang berdonasi terhadap bumi. Hal ini untuk memperkuat Indonesia sebagai paru-paru dunia. Ia menargetkan akan ada 111 ribu pohon yang ditanam di tujuh provinsi.

Sementara itu, Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan, dalam pelaksanaan gerakan #BUMN Hijaukan Indonesia di Provinsi Jatim, Petrokimia Gresik berkolaborasi dengan seluruh BUMN yang ada di Jatim,  Pemprov Jatim,  Kodam V Brawijaya, pemkab-pemkot setempat,  serta melibatkan mahasiswa pecinta alam (Mapala) dan gerakan Pramuka.

Adapun kegiatan gerakan #BUMN Hijaukan Indonesia di Jatim terbagi di dua titik Yakni penanaman 300 bibit pohon di Kabupaten Pasuruan dan penanaman 12.000 bibit pohon di Bumiaji, Kota Batu seluas 72 hektare, yang menjadi daerah banjir bandang beberapa waktu lalu.

“Di momen ini, kita juga melakukan upaya revegetatif daerah longsor di Kota Batu,” beber  Dwi Satriyo, yang saat ini juga sedang mencalonkan diri menjadi wakil ketua umum PII (Persatuan Insinyur Indonesia) periode 2021-2023.

Di Kabupaten Pasuruan, penanaman dilakukan di lahan 4,2 hektare di Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, yang merupakan kawasan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cowek BKPH Lawang Timur, KPH Pasuruan Divreg Jawa Timur.

Dari 300 bibit pohon yang ditanam, rinciannya terdiri dari 50 bibit alpukat mentega, 50  alpukat aligator, 50 bibit durian, 150 bibit nangka 150. Tanaman ini dipilih dari bibit tanaman sambung atau stek yang cocok untuk kegiatan konservasi.(dan)

Related posts

Pembagian Masker untuk Edukasi Warga

Rizki

Delapan Potensi Bencana Mengintai, SMAN 1 Ngawi Belajar SPAB

Rizki

Diskon 25 Persen Service Peugeot Jadul

Rizki