Neo-Demokrasi
Headline Kesra

Baznas Surabaya Salurkan ZIS untuk Ribuan Keluarga Miskin dan Yatim

Penyaluran ZIS di Taman Surya, Balai Kota Surabaya.

Surabaya, NEODEMOKRASI.COM – Menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Surabaya berkolaborasi dengan Baznas Jawa Timur dan muzakki, menyalurkan zakat, infak dan sedekah (ZIS) kepada ribuan anak yatim serta keluarga miskin. Penyaluran ZIS tersebut digelar di Taman Surya Balai Kota Surabaya pada Sabtu (23/3).

Acara penyaluran ZIS itu dihadiri langsung Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani. Hadir pula, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

“Alhamdulillah acara hari ini menunjukkan bahwa kalau umat muslim bersatu, maka insyaallah tidak akan pernah ada kemiskinan di Kota Surabaya,” kata Wali Kota Eri di sela acara penyaluran ZIS.

Ia mengajak masyarakat yang memiliki rezeki berlebih atau para muzakki, dapat menyalurkan ZIS melalui Baznas. Dimana data penerima ZIS di Surabaya, sebelumnya telah disinkronkan Baznas dengan data keluarga miskin pemkot.

“Ketika (kemiskinan) ini disentuh semuanya dengan anggaran pemerintah, ditambah zakat, infak dan shodaqoh dari muzakki, maka insyaallah Surabaya ini sejahtera,” ujarnya.

Oleh sebabnya, ia mengucapkan terima kasih kepada Baznas Surabaya karena selama ini terus berjibaku membantu pemkot dalam mengentas kemiskinan. Bahkan, kali ini Baznas tak hanya memberikan santunan kepada 1000 anak yatim, tapi juga menyerahkan 99 bantuan rombong dan modal usaha kepada warga miskin.

“Saya juga matur nuwun (terima kasih) kepada para ASN yang memberikan ZIS melalui Baznas. Semoga pemberian bantuan zakat, infak dan sedekah hari ini bisa membawa berkah bagi Kota Surabaya,” tuturnya.

Ketua Baznas Kota Surabaya Moch Hamzah menjelaskan, selain penyerahan santunan kepada 1.000 anak yatim, pihaknya juga mentasarufkan 4.000 paket sembako kepada keluarga miskin di Kota Pahlawan. “4000 paket sembako ini akan kita salurkan di masing-masing Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di 31 kecamatan Surabaya,” kata Moch Hamzah.

Selain paket sembako, di kesempatan yang sama, Baznas Surabaya juga menyalurkan 99 paket bantuan rombong dan modal usaha kepada keluarga miskin. Secara simbolis, bantuan ini diterima sejumlah perwakilan keluarga penerima di Taman Surya Balai Kota Surabaya. “Yang keempat ada juga bantuan dari muzakki berupa 1000 paket zakat mal untuk keluarga miskin di Surabaya,” jelasnya.

Tidak lupa, Hamzah mengucapkan terima kasih kepada wali kota atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Baznas dalam mengelola ZIS ASN Pemkot Surabaya. Bahkan, sejak awal berdiri, pengumpulan zakat dari ASN pemkot yang dilakukan Baznas Surabaya, perolehannya terbesar se Indonesia.

“Terima kasih, ini kebanggan kami sebagai warga Kota Surabaya. Atas kepercayaan Bapak Wali Kota Eri kepada kami sebagai pengelola zakat di Surabaya, kami mengucapkan terima kasih,” pungkasnya. (dan)

Related posts

Tiga Blok Rutan Medaeng Digeledah Tim Gabungan

Rizki

Bank Jatim Raih Penghargaan Bergengsi dari Infobank

Rizki

Produksi Peugeot 3008 SUV Capai 1 Juta

Rizki