Neo-Demokrasi
Headline Hukum dan kriminal

Tiga Napi Perempuan Diwisuda Jadi Sarjana

Tiga narapidana yang diwisuda menjadi sarjana di Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya.

Sidoarjo, NEODEMOKRASI.COM – Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya melaksanakan wisuda pendidikan tinggi untuk tiga orang warga binaannya, Jumat (23/ 12). Selain itu, satu mantan warga binaan juga ikut wisuda.

“Wisuda itu dalam rangka sertifikasi teologi 1 tahun Sekolah Tinggi Teologi (STT) Victory Jakarta tahun ajaran 2021-2022,” jelas Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Jatim Teguh Wibowo.

Teguh menjelaskan bahwa program pendidikan ini merupakan salah satu perwujudan pasal 31 UUD 1945 yang telah mengamanatkan bahwa pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara. Serta pasal 12 huruf c UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

“Kami berupaya menjalankan amanah yang menyebutkan bahwa setiap narapidana berhak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran,” jelas Teguh.

Para warga binaan telah menyelesaikan perkuliahan selama satu tahun. Mereka menyelesaikan 32 SKS dengan 14 pertemuan per mata kuliah.  “Seluruh perkuliahan dilaksanakan secara daring setiap hari Senin hingga Kamis pukul 14.00 hingga 15.30 WIB,” terang Teguh.

Sementara itu, Karutan Perempuan Amiek Diyah Ambarwati mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi kepada STT Victory yang telah memberikan pengajaran kepada para warga binaan.

”Saya mengucapkan selamat kepada warga binaan yang telah wisuda hari ini. Hal ini merupakan prestasi kita bersama yang sangat patut dibanggakan dan harus disebarluaskan. Ini menunjukkan bahwa berada di dalam rutan tidak lantas menutup kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan. Semoga ilmu yang kalian peroleh selama satu tahun ini bisa bermanfaat,” urainya.

Salah seorang warga binaan, TJ (39) merasa bersyukur serta berterima kasih kepada Rutan Perempuan Surabaya yang telah memberikan kesempatan baginya untuk menempuh pendidikan.

“Selama perkuliahan kurang lebih satu tahun, membuat saya mengambil sikap dengan ‘inikah jalan bagi saya yang harus ditempuh’. Puji Tuhan semua proses kuliah selama setahun ini berjalan dengan baik,” tandasnya.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Perempuan Surabaya Amiek Diyah Ambarwati, Ketua STT Victory Jakarta Pieter Yermias Otta, Ketua Yayasan Indonesia Bangkit Bersinar Surabaya Kwe Reggy Kristian, pejabat struktural, serta warga binaan nasrani.(dan)

Related posts

Ibu Kos Diduga Dibunuh

neodemokrasi

MMPP Polresta Sidoarjo Buka Gerai Vaksin Presisi

Rizki

Pemotor Jadi Korban Tabrak Lari Truk di Taman

Rizki