Neo-Demokrasi
Gaya Hidup Headline JalanJajan Travel

Poetoek Soeko Di-launching, Keuntungan Capai Rp 60 Juta Sebulan

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati berpose dengan latar belakang Poetoek Soeko.

Mojokerto, NEODEMOKRASI.COM – Wisata Poetoek Soeko di  Desa Sukosari Kecamatan Trawas, resmi di-launching Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Kamis (1/4). Wisata yang memanfaatkan tanah kas desa (TKD) dengan lokasi strategis tersebut, diprediksi akan menjadi salah satu jujukan wisata baru yang difavoritkan masyarakat.

Sejak dibuka secara umum pada Desember 2020 lalu, Poetoek Soeko terus menunjukkan perkembangan pendapatan yang luar biasa mencapai Rp 60 juta per bulan. Hal ini dilaporkan Kades Sukosari Purnaji pada laporan sambutan acara.

“Sejak Poetoek Soeko dibuka, investor terus berdatangan. Wisata ini kami komersialkan untuk umum sejak Desember 2020. Sebelumnya kami sudah merintisnya sejak 2017,” kata Purnaji.

Hasil pendapatan bulan pertama adalah Rp 8 juta, selanjutnya Rp 20 juta, hingga saat ini mampu mencapai Rp 60 juta per bulan. Dengan dukungan BUMDes, pihaknya berupaya agar ke depan bisa beroperasional secara mandiri. “Wisata ini masih membutuhkan banyak infrastruktur,” imbuhnya.

Purnaji juga menceritakan awal mula ide pendirian Poetoek Soeko. Yakni berangkat dari minimnya tanah pertanian yang bisa digarap karena keterbatasan irigasi.

“Dari 131 hektare luas Desa Sukosari, sekitar 11 persennya adalah tanah persawahan yang kurang maksimal karena problem irigasi. Maka terobosan ini lahir dengan harapan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat,” jelasnya.

TKD yang digunakan untuk Poetoek Soekoe ini merupakan milik kades dan lima orang perangkatnya, yang sekarang diubah jadi sembilan orang perangkat.

Bupati Ikfina dengan penuh harapan, menyatakan dukungannya agar wisata Poetoek Soeko menjadi salah satu tujuan destinasi baru wisata Kecamatan Trawas. Meski dalam masa pandemi, bupati yakin wisata ini akan mampu memberi warna baru di tengah kejenuhan masyarakat karena dampak pandemi.

“Tidak ada yang dapat menjamin pandemi berakhir. Kita harus berupaya hidup sehat, produktif, dan ekonomi pulih. Poetoek Soeko hadir di saat yang tepat. Masyarakat sudah haus untuk berwisata,” jelas bupati.(dan)

Related posts

Bupati Ikfina Resmikan Pondok Sehat Terpusat

Rizki

Polresta Sidoarjo dan Pelajar Papua Adakan Ibadah Bersama

Rizki

Bupati Mojokerto Kucurkan Bantuan Keuangan pada 139 Desa

Rizki