Neo-Demokrasi
Headline Kesra

Sekitar 33 Persen Lansia di Sidoarjo Sudah Divaksin

Ketua Bidang IV (Kesehatan) TP. PKK Kabupaten Sidoarjo, Aditi Syaf Satriawarman.

Sidoarjo, NEODEMOKRASI,COM – Puluhan lansia Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi, Sidoarjo menjalani vaksinasi Covid-19. Pemberian vaksinasi bagi lansia ini untuk meningkatkan herd imunity. Sekaligus memperingati Hari Lansia Nasional 2021 dengan tema Menuju Lansia Sehat, Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia.

Peringatan Hari Lansia rencananya dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo Sa’adah Achmad Muhdlor Ali. Namun, terpaksa diwakilkan Ketua Bidang IV (Kesehatan)  TP. PKK Kabupaten Sidoarjo, Aditi Syaf Satriawarman.

Menurut Aditi Syaf Satriawarman, pemberian vaksinasi bagi lansia ini merupakan serangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Lansia Nasional. Dengan harapan, dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini kekebalan tubuh lansia terbentuk. Sehingga mengurangi resiko penyebaran Covid-19 di Sidoarjo.

“Karena daya tahan tubuh lansia ini kan lemah. Sehingga mudah sekali terpapar. Makanya semua lansia harus di vaksin agar herd immunity-nya terbentuk,” jelas Aditi Syaf saat menghadiri vaksinasi lansia di Desa Ngampelsari, Senin, (19/7).

Dalam pelaksanannya, lansia yang hendak divaksinasi harus didampingi pihak keluarganya. Mereka yang mendampingi juga akan dilakukan vaksinasi. Sehingga kerentanan atas penyebaran Virus Covid-19 tidak mudah masuk ke dalam tubuh manusia. “Total di sini ada 175 baik lansia maupun pendampingnya yang akan dilakukan vaksinasi,” jelasnya.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 33 persen lansia yang tersebar di beberapa kecamatan di Sidoarjo yang sudah dilakukan vaksinasi. Di antaranya, Kecamatan Waru, Kota, Gedangan, Buduran, Candi, Krian, Sedati, Balongbendo, Tanggulangin, dan Krembung. Meski demikian, pihaknya akan terus berusaha agar semua lansia di Sidoarjo bisa mendapat vaksinasi.

” Sebenarnya dari puskesmas sudah dilaksanakan. Hanya tinggal lima kecamtan yang masih belum. Mudah-mudahan semuanya bisa segera terealisasi,” tegasnya.

Selama ini, pihaknya mengaku prihatin atas kondisi pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai. Terlebih baru-baru ini terdapat Virus Covid-19 dengan varian baru yang dinilai lebih ganas. Sehingga sangat penting bagi warga masyarakat agar sama-sama mengedepankan protokol kesehatan.

Sementara, Lurah Ngampelsari Kecamatan Candi Bambang Eko Sumarsono menambahkan, pemberian vaksinasi tahap pertama terhadap lansia ini, dilakukan sebagai bentuk ikhtiar dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Sidoarjo. Khususnya di wilayah Ngampelsari.

“Sosialisasi sudah kita laksanakan. Edukasi juga sudah kita lakukan. Sehingga vaksinasi ini sebagai ikhtiar kami agar Lansia tidak mudah terpapar dengan Virus Covid-19,” pungkasnya. (dan)

Related posts

Forkopimda Mojokerto Gelar Rapat dengan Gubernur Bahas Covid-19

neodemokrasi

Wisuda ITS Diramaikan Arak-arakan Virtual dan Program Berbagi

neodemokrasi

Peringati HAN, Polisi Lindungi Anak dari Bahaya Covid-19

neodemokrasi