Neo-Demokrasi
Headline Olahraga

Ratusan Pecatur Tanding di YYEP Chess Cup 2022

Para peserta yang ikut dalam pertandingan YYEP Chess Cup 2022.

Sidoarjo, NEODEMOKRASI.COM – Ratusan pecatur dari berbagai daerah mengikuti YYEP Chess Cup 2022 di Pendapa YYEP, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Minggu (7/8). Para pecatur hadir dari berbagai jenjang usia.

” Turnamen catur ini yang pertama digelar dan terbuka untuk umum. Tidak dibatasi usia maupun daerah. Mereka merebut tropi dan hadiah yang menarik tentunya ” jelas Bambang Suryono selaku ketua panitia YYEP Chess Cup 2022.

Bambang menjelaskan, liga catur seperti ini digelar untuk menumbuhkan bibit-bibit pecatur baru, khususnya di lingkup Percasi. Diharapkan, dengan adanya turnamen ini, para pecatur muda yang mempunyai kejelian dan kemampuan lebih, nantinya bisa mengikuti ajang yang lebih tinggi.

Liga kali ini, sambung dia, menggunakan Sistem Swiss tujuh babak. Setiap pecatur bermain tujuh kali dengan sistem random yang sudah ditentukan oleh sistem.

“Yang paling banyak nanti poinnya nanti yang menjadi juaranya. Kami sudah siapkan hadiah uang tunai dengan total Rp 1 juta. Hadiah untuk juara tropi sampai peringkat 3, dan door prize di beberapa peringkat yang sudah kami pilih sebelumnya, “ucapnya.

Dewan Pembina Yayasan Yayuk Edi Peduli (YYEP) Edy Widodo mengatakan, melalui gelaran perlombaan ini diharapkan dapat mengasah kemampuan peserta sejak dini.

“Dengan ada lomba catur ini dapat menciptakan generasi muda yang berprestasi dalam bidang olahraga catur, baik di tingkat provinsi atau nasional. Selain itu, bisa menjadi tempat berlatih sekaligus mengasah kemampuan para atlet catur agar bisa lebih banyak lagi menghasilkan prestasi yang membanggakan Indonesia,” pungkasnya.

Edy mengatakan, kegiatan yang diadakan tidak hanya sekadar untuk bertanding. Namun juga untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan di antara anak bangsa, terutama pecatur.   “Pertandingan catur bukan semata tempat berkompetisi dalam rangka olahraga tetapi juga sebagai sarana untuk membangun persahabatan dan silaturahmi,” ujar dia.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Percasi Kabupaten Sidoarjo Yusuf Satriyono mengatakan, sangat mendukung atas lomba catur ini. Turnamen ini sebagai bentuk kepedulian dirinya terhadap upaya meningkatkan kapasitas pecatur di daerah.

Kegiatan yang demikian, menurutnya, perlu dilakukan secara rutin dan sering agar prestasi pecatur di Tanah Air, terutama di Kabupaten Sidoarjo tak kalah dengan pecatur  lainnya.  “Turnamen ini merupakan salah satu instrumen untuk meningkatkan prestasi dan kapasitas pecatur,” pungkasnya.(dan)

Related posts

Resi Gudang yang Diregistrasi Meningkat Mencapai 86 Persen

Rizki

Pejalan Kaki Tewas Disambar KA Komuter di Gedangan

Rizki

Gandeng Pagar Nusa, Kejar 70 Persen Vaksinasi

Rizki