Neo-Demokrasi
Headline Jatim

Koarmada II Gelar Upacara Tabur Bunga Peringati Hari Armada,

Acara tabur bunga dari atas geladak KRI Soeharso 990.

Surabaya, NEODEMOKRASI.COM – Jelang peringatan Hari Armada 5 Desember 2023, jajaran Koarmada II menggelar acara tabur bunga dari atas geladak KRI Soeharso 990, saat bersandar di Dermaga Madura, Koarmada II Ujung, Surabaya. Jumat (1/12).

Sebelum pelaksanaan tabur bunga di laut, dilaksanakan upacara di atas Geladak KRI Soeharso-990, yang dipimpin langsung oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, sebagai inspektur upacara (Irup), tabur bunga dihadiri oleh sejumlah perwira tinggi TNI AL dan Marinir.

Pangkoarmada II menyampaikan, upacara tabur bunga di laut dalam rangka menyambut Hari Armada 2023 dengan bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan untuk mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Upacara tabur bunga ini merupakan wujud  penghargaan dan penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur pada pertempuran laut dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa dan negara Republik Indonesia,” terangnya.

Adapun tema yang diangkat pada peringatan Hari Armada RI tahun ini adalah Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju, yang diperingati pada tanggal 5 Desember mendatang.

“Kita ketahui bersama Indonesia negara kepulauan, dengan jumlah penduduk maupun sektor-sektor maritim yang tidak bisa diabaikan. Sehingga pembangunan kelautan diharapkan kekuatan dan pembangunan angkatan laut sebagai garda terdepan untuk ketahanan negara menjadi kebijakan utama di Indonesia,” ujar Pangkoarmada II.

Diharapkan dari kegiatan ini generasi muda bisa meneruskan perjuangan para pahlawan dengan membangun negeri dan menjaga keutuhan NKRI.

Sementara itu, berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam menyambut Hari Armada RI 2023. Di antaranya berbagai macam perlombaan olahraga di lingkungan Koarmada II, donor darah, bakti sosial, bersih-bersih lingkungan, pencanangan wisata TNI AL, upacara tabur bunga.

Puncaknya adalah upacara militer Hari Armada yang dilaksanakan secara terpusat di Pondok Dayung Jakarta Utara. Acara ini secara serentak diikuti seluruh jajaran Koarmada pada tanggal 5 Desember mendatang. (dan)

Related posts

32 Adegan dalam Rekonstruksi Pembunuhan Kakak Beradik

Rizki

108 Gram Sabu Disita, Pengedarnya Ditangkap

Rizki

Mayat Diduga Pelaku Pencurian Ditemukan Terapung di Sungai

Rizki