Neo-Demokrasi
Jatim Politik Pemerintahan

Sosialisasi Deradikalisasi untuk Kokohkan Pancasila dan Semangat Menjaga Keutuhan NKRI

H Muzammil Syafii SH, MSi  bersama narsum di seminar Wawawan Kebangsaan  bertema Deradikalisasi.

Pasuruan. NEODEMOKRASI.COM. Memasuki kinerja kedewanan di awal tahun 2022,  H Muzammil Syafii SH, MSi atau yang  lebih dikenal dengan Buya Muzzamil kembali  menyelenggarakan sosialisasi Wawasan Kebangsaan.  Acara yang dikemas dalam bentuk seminar itu digelar di  Hotel Horison Pasuruan, Sabtu,(8-1-2022).  Dihadiri sekitar 125 peserta yang terdiri dari Pengurus NU dan Badan otonomi daerah serta Pengurus Partai NasDem di 5 Kecamatan  yang ada di  Kabupaten Pasuruan.

Menghadirkan  2 pembicara yakni  H Muzammil Syafii SH, Msi yang juga anggota  Komisi A, DPRD Provinsi Jatim dari Fraksi NasDem Jatim dan  Eko Suryono, anggota DPRD Kabupaten Pasuruan  yang juga dari Fraksi NasDem. Mengusung tema  Nasionalisme dan Patriotisme Dalam Membangun Kehidupan Berbangsa dan Bernegara   Muzammil Syafii menguraikan  tentang isu Deradikalisasi. Menurutnya,  nasionalisme tidak akan terwujud manakala banyak masyarakat dan mahasiswa yang terpapar faham faham Radikal dan Intoleran,  hal ini juga sebagai akibat dari pengaruh media digital demikan luar biasa. Di mana berbagai macam  informasi   masuk ke Indonesia tanpa filter  dan begitu mudahnya  bisa diakses oleh semua orang dari semua  kalanngan,  sehingga faham faham tersebut  bagai  bola salju yang terus menggelinding manakala kita  lalai mengantisipasinya.

Materi Deradikalisasi perlu diberikan kepada masyarakat untuk menyangkal faham faham semacam Takfiri ( mengkafirkan orang lain) atau membid’ahkan orang lain yang tidak sepaham dengan mereka. Menurut salah satu personal BNPT menyampaikan kondisi mahasiswa kita sudah sangat memprihatinkan begitu banyaknya yang terpapar faham faham tersebut.

Masih menurut ketua fraksi Nasdem DPRD Jatim ini , untuk itu  semua pihak harus integrated (terintregasi) secara bersama sama  dalam menanggulangi  radikalisme dan Intoleransi di masyarakat . Ada   tiga konsep utama dalam upaya  deradikalisasi yaitu, Pertama, Suprastruktur, diartikan sebagai peran pemerintah baik pusat atau daerah yang ditopang dengan berbagai undang-undang atau pun peraturan untuk mencegah radikalisme. Kedua,

Infrastruktur, adalah Lembaga pelaksana deradikalisasi, baik pemerintah maupun masyarakat dan ketiga, Substruktur, yaitu individu-individu yang turut terlibat dalam infra struktur deradikalisasi.

Mengingat bahaya dan dampak negatifn Deradikalisasi maka hal demikian harus secara terus menerus dilakukan agar persatuan den kesatuan ini agar tidak terkoyak oleh faham faham yang bertentangan dengan Pancasila demi  semangat  menjaga keutuhan NKRI.(nora)

 

Related posts

Karier Moncer Karena Bekerja Baik, Lurus , Jujur dan Gak Neko Neko

neodemokrasi

Apresiasi Tinggi Pengurus Ika Unair untuk Operasi Kemanusiaan RSTKA

neodemokrasi

Kabagsumda, Kasat Binmas, dan Kapolsek di Polresta Sidoarjo Berganti

Rizki