Neo-Demokrasi
Gaya Hidup Headline

Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang, Ini Solusinya

Berkurangnya volume oli mesin karena pemakaian adalah wajar.

Surabaya, NEODEMOKRASI.COM – Saat perjalanan jauh seperti mudik, oli mesin mobil berkurang saat digunakan adalah hal yang wajar terjadi. Namun jika berkurang nya sangat berlebihan, hal ini rawan menimbulkan masalah pada kendaraan. Pasalnya oli memiliki peran penting bagi kendaraan, yaitu memberikan lapisan komponen saat bergesekan agar tidak cepat aus dan rusak.

“Berkurangnya volume oli mesin karena pemakaian adalah wajar. Ada beberapa penyebab terjadinya pengurangan oli mesin saat digunakan, yaitu oli mesin yang kualitasnya kurang bagus dan juga tidak sesuai,” ulas Aftersales Support PT Astra International – Peugeot Samsudin, Selasa (10/5).

Oli mesin yang bagus dan sesuai akan mengurangi penguapan oli saat digunakan. Sehingga pengurangan oli yang berlebihan bisa diatasi. Selain kualitas dan kesesuaian oli mesin, hal lain yang menjadi penyebab terjadinya pengurangan oli secara berlebihan adalah adanya kebocoran oli dari seal atau packing yang terdapat di mesin kendaraan. Ini penting untuk diperhatikan apalagi jika kebocoran oli sudah sangat parah.

Tak hanya itu. Penyebab oli mesin berkurang secara berlebihan adalah ring piston dan seal klep yang sudah mulai rusak sehingga oli mesin ikut terbakar. Juga adanya kerusakan, seperti goresan pada dinding cylinder mesin yang membuat oli mesin berkurang.

Walaupun tidak mengeluarkan asap putih pada knalpot, namun ini sangat perlu diperhatikan sebagai gejala ringan adanya kebocoran oli pada ruang bakar yang disebabkan oleh komponen tersebut. Jika sudah parah kerusakannya mungkin akan ada asap putih yang keluar dari knalpot.

“Sangat penting untuk memeriksa level oli setiap mobil akan digunakan agar terhindar dari kerusakan mesin yang lebih parah. Jika sudah ada indikasi berkurangnya oli mesin yang sangat berlebihan, segera konsultasikan ke bengkel resmi,” imbuhnya.(dan)

Related posts

SRPB Jatim dan BPBD Jatim Beri Pelatihan SPAB di SMKN 1 Sampang

Rizki

Cegah Banjir, Bupati Minta Normalisasi Sungai Dikebut

Rizki

Bank Mandiri Region VIII/Jawa 3 Siapkan Uang Lebaran Rp 8,3 Triliun

Rizki