Neo-Demokrasi
Ekbis Jatim Politik Pemerintahan

Laba Semester Satu Bank Jatim Tembus Rp. 1 Triliun

Dirut Bank Jatim Busrul Imam dan Dirut Keuangan Ferdian Timur Satyagraha

Surabaya, NEODEMOKRASI.COM – Bank Jatim menggelar analyst meeting dalam rangka memberikan keterbukaan informasi kinerja keuangan Semester I Tahun Buku 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada  28 Juli 2021.

Mesti masih menghadapi pandemi covid 19 yang berdampak secara tidak langsung terhadap kinerja industri perbankan. Namun Bank Jatim masih mampu mencatatkan pertumbuhan kinerja positif dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Year on Year/ YoY).. Berdasarkan kinerja Juni 2021, aset Bank Jatim tercatat Rp. 95,48 triliun atau tumbuh 26,90%, laba sebelum pajak Bank Jatim tembus Rp. 1,04 Triliun atau tumbuh 5,56% (YoY) sedangkan laba bersih Bank Jatim tercatat Rp. 803 Miliar atau tumbuh 4,32%. Selama semester I 2021, Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Jatim mencatatkan pertumbuhan 27,36% (YoY) yaitu sebesar Rp. 81,52 triliun.

Pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 8,72% (YoY) atau sebesar   Rp. 42,60 triliun. Pertumbuhan kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang tertinggi yaitu tumbuh 14,62% (YoY) atau tercatat Rp. 7,25 Triliun. Diikuti oleh pertumbuhan kredit komersial yang tumbuh 13,39% atau tercatat Rp. 10,63 Triliun dan kredit di sektor konsumsi yang tumbuh 5,26% atau tercatat Rp. 24,72 Triliun. Komposisi rasio keuangan Bank Jatim periode Juni 2021 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 18,54%, Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,06%, dan Return On Asset (ROA) 2,31%. Selama pandemi, Bank Jatim juga aktif berpartisipasi dalam mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui restrukturisasi kredit. Sampai dengan Juni 2021, Bank Jatim telah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp. 2,56 Triliun atau 6,02% dari total penyaluran kredit Bank Jatim

Pengguna layanan digital Bank Jatim mengalami peningkatan Semester satu ini digital banking mengalami pertumbuhan sebesar 18% (Ytd). Sedangkan pengguna sms banking dan internet banking juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 14,3% dan 13,2% (Ytd). Bank Jatim juga turut berkontribusi dalam upaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dengan mendukung dan mengikuti program vaksinasi yang diadakan oleh pemerintah. Program vaksinasi terhadap para karyawan serta keluarga yang nantinya diharapkan dapat membentuk herd immunity sehingga dapat lebih maksimal dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat. Selain itu, beberapa waktu lalu Bank Jatim bersama Sektor Jasa Keuangan Jawa Timur sukses menggelar program vaksinasi yang mencakup kurang lebih 30.000 peserta vaksin di wilayah Jatim.
Bank Jatim optimis dapat mencapai target kinerja keuangan di akhir tahun 2021. Beberapa langkah adalah penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah dimulai lagi tahun ini dengan plafond Rp. 1 triliun.. Juga upaya meningkatkan market share k kredit multiguna yang saat ini masih sebesar 60%..

Related posts

Inilah Strategi Bank BJB Agar Tumbuh Positif di Tengah Pandemi

Rizki

Capaian Level Lamongan Berkat Sinergitas 3 Pilar. Kesadaran Masyarakat, Vaksinasi dan Pemerintah

neodemokrasi

Layanan Rapid Test Lion Air Kini Ada di Sidoarjo

neodemokrasi