Neo-Demokrasi
Headline Jatim Kesra

Ika Unair Gelar Vaksinasi 1200 Orang di Kalanganyar Sedati

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyaksikan vaksinasi terhadap salah satu warga di Desa Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo.

Sidoarjo, NEODEMOKRASI.COM – Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair) bekerja sama dengan Ika Unair Sidoarjo menggelar vaksinasi Covid-19. Gelar vaksinasi dilaksanakan di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Sabtu (24/7).

Kegiatan ini merupakan Program Jelajah Kampung dan Pesisir yang kedua. Acara ini juga menggandeng Fakultas Kedokteran (FK) Unair dan Pemprov Jatim. Sekitar 1.200 warga menjadi target sasaran vaksinasi tersebut.

Dalam acara tersebut hadir Ketua Umum Ika Unair yang juga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kepala Dinas Kesehatan Jatim dr Herlin Ferlina, Wakil Rektor I Unair Prof Bambang Sektiari Lukiswanto, Dekan Fakultas Kedokteran Unair Prof Budi Santoso, Wabup Sidoarjo Subandi, serta undangan lainnya.

Gubernur Khofifah menyempatkan menyapa para petugas medis dan peserta vaksinasi. Ia juga berdialog dengan beberapa warga Desa Kalanganyar yang antre menunggu divaksin.

Kegiatan vaksinasi ini tak hanya diperuntukkan bagi warga Desa Kalanganyar. Bahkan beberapa desa di luar Kecamatan Sedati, mengikuti vaksinasi massal ini.

Sekretaris Ika Unair Sidoarjo dr Berlian Aniek Herlina menyatakan, akses vaksinasi untuk warga pesisir memang masih kurang. Oleh sebab itu, vaksinasi kali ini menyisir daerah pesisir.

“Di daerah pesisir dan perkampungan banyak yang belum ter-cover vaksinasi. Sehingga kami mengadakan vakasinasi di daerah seperti ini,” ungkapnya.

Program ini juga merupakan upaya Ika Unair membantu pemerintah dalam mengejar target pelaksanaan vaksin hingga 70 persen dari jumlah penduduk Jatim. “Kami berharap target ini bisa segera terpenuhi,” imbuh Berlian.

Ika Unair juga memberi bantuan kepada Desa Kalanganyar berupa 2 pcs sprayer disinfektan, 10 liter disinfektan, 300 pcs masker kain, 25 pakaian hazmat, 200 sarung tangan latex, 10 liter hand sanitizer, 5 face shield, 5 kacamata (safety goggles), 100 strip vitamin C, 2 pasang sepatu boot, 2 unit thermometer gun, 5 timba cuci tangan, serta 5 unit dudukan timba cuci tangan.

Peserta vaksin mulai pagi hari sudah memadati Balai Desa Kalangantar dan halaman Masjid At Taqwa. Salah satunya adalah Arif Yulianto. Pria asal Sedati ini mengaku sangat senang dengan adanya vaksinasi ini.

“Saya sempat cari-cari info tempat yang mengadakan vaksinasi. Akhirnya saya dikabari teman bahwa di Desa Kalanganyar ada vaksinasi. Saya sangat terbantu dengan adanya vaksinasi ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Program Jelajah Kampung dan Pesisir yang perdana diadakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Yanabi’ul Ulum Wal Hikam, Sidosermo, Surabaya. Sekitar 500 santri dan warga sekitar ikut dalam vaksinasi massal tersebut.(dan)

 

 

Related posts

Tingkat Kehadiran Peserta Tes CPNS Pemprov Jatim 91 Persen

neodemokrasi

Ketum Dekopin Minta Pengurus Sinergi dengan Pemda

Rizki

Polresta Sidoarjo Bagi Ratusan Paket Sembako

Rizki