Neo-Demokrasi
Headline Kesra

Ika FISIP Unair dan Paiton Energy Latih Relawan Semeru

Pelatihan relawan dilakukan di Hutan Bambu, Desa Sumbermujur.

Lumajang, NEODEMOKRASI.COM – Puluhan relawan terlibat dalam peningkatan kapasitas yang diadakan oleh Ika FISIP Unair bekerja sama dengan Paiton Energy dan Pemerintah Desa (Pemdes)  Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Sasaran pelatihan adalah para relawan yang tergabung dalam Desa Tangguh Bencana (Destana) Sumbermujur. Pelatihan diadakan selama dua hari, Kamis dan Jumat, 3-4 November 2022.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka 50 Tahun Ika Unair. Selain itu, sebagai bentuk nyata kehadiran Ika FISIP Unair di tengah masyarakat,” ungkap Koordinator Bakti Sosial Ika FISIP Unair Mimik Lestari, Jumat (4/11).

Menurut Mimik, kegiatan ini sebagai upaya penguatan kapasitas relawan. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Semeru

Di hari pertama diadakan pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD).  Para peserta antusias mengikuti kegiatan ini.

Simulasi tanggap darurat bencana ini adalah salah satu upaya dari perusahaan PT. Paiton Operations & Maintenance Indonesia (POMI)/ Paiton Energy berkontribusi bagi masyarakat desa. Terutama dalam penanganan atau pengurangan risiko bencana yang terjadi di Desa Sumbermujur. Diskenariokan terjadi bencana banjir lahar dingin dan ada korban yang terseret arus.

Bo Dwi Purnomo sebagai narasumber dari Paiton Energy juga memberikan pelatihan kepada Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Sumbermujur, memasang rambu evakuasi, titik kumpul, dan membuat posko kebencanaan. Semua kegiatan ini diadakan di Hutan Bambu Desa Sumbermujur.(dan)

Related posts

Salat Id dengan Prokes dan Kapasitas Sesuai Zonasi

Rizki

Lapas Sidoarjo Sebar 100 Paket Sembako

Rizki

Polresta Sidoarjo Salurkan 550 APD ke Seluruh Posko Relawan

neodemokrasi