Neo-Demokrasi
Headline Kesra

Bertemu MUI, Ning Ita Bahas Sertifikasi Halal

Pertemuan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dengan pengurus MUI Kota Mojokerto.

Mojokerto, NEODEMOKRASI.COM – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersilaturahmi dengan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Mojokerto, Kamis (12/5) di Rumah Rakyat. Dalam pertemuan itu turut dibahas mengenai sertifikasi halal makanan di Kota Mojokerto.

“Jaminan halal kita juga sangat mendukung, karena kita sebagai seorang muslim itu tentu tidak hanya jenis makanannya yang halal. Tapi proses pengolahannya juga penting sekali,” kata wali kota yang akrab disapa Ning Ita itu dalam keterangan tertulis, Jumat (13/5).

Ning Ita mengatakan, pihaknya akan mengundang MUI dalam sidak terkait bahan pangan sebagaimana yang telah dilakukan tim gabungan antara Pemerintah Kota Mojokerto bersama TNI-Polri.

“Kami di pemkot ada 3 OPD yang mengampu kegiatan untuk melakukan sidak terkait bahan pangan di masyarakat, di dalam tim juga melibatkan TNI-Polri. Apabila MUI berkenan kami bisa bagi jadwalnya, sehingga saat sidak kita bisa turun bersama-sama dengan output sesuai kebutuhan masing-masing,” jelas Ning Ita.

Selain membahas soal kehalalan makanan, Ning Ita juga mempersilakan MUI memanfaatkan gedung milik Pemkot Mojokerto untuk mengadakan pertemuan, seperti Pendapa Sabha Krida Tama maupun hall yang di lantai 4 gedung MPP Gajah Mada.

Sementara itu, Wakil Ketua MUI Kota Mojokerto Muthoharun Afif mengatakan, terkait kehalalan makanan, selama ini MUI telah mengadakan pelatihan penyembelihan hewan kurban. Ia menerangkan dalam Islam cara menyembelih yang benar juga menjadi penentu kehalalan binatang yang disembelih.

Ia menuturkan, saat ini untuk penerbitan sertifikasi halal ada pada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di bawah naungan Kementerian Agama.(dan)

 

Related posts

Sevilla Takluk di Kandang Elche 1-2

Rizki

Kapolresta Sidoarjo Giatkan Patroli Malam Minggu

Rizki

Perkuat Syiar Islam, Gus Muhdlor Dukung Kesenian Hadrah

Rizki