Neo-Demokrasi
Headline Jatim

Bambang DH Gandeng Kemenperin Ajak Warga Sidoarjo Jadi Entrepreneur

Bambang DH saat berpidato di seminar.

Sidoarjo, NEODEMOKRASI.COM – Anggota DPR RI Komisi VII Bambang DH bersama Kementerian Perindustrian terus mendorong  penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru industri kecil dan menengah (WUB IKM) untuk terus bangkit pasca Covid-19 dengan menjadi entrepreneur.

Dengan mengandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mantan wali kota Surabaya ini mengajak masyarakat untuk bangkit dengan membangun WUB IKM yang lebih baik pasca terpuruk akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

“Masyarakat kita tak dapat dipungkiri dua tahun ini terpuruk akibat Covid-19. Meski sempat terpuruk, semangat harus tetap ada untuk mengembangkan jiwa pengusaha atau entrepeneur. Bangkit untuk berwirausaha atau menjadi pelaku UMKM atau WUB IKM,” kata Bambang DH.

Dia membuka seminar Mengembangkan Pola Pikir Wirausaha Baru yang Kreatif, Inovatif dan Mandiri bagi IKM Fashion di Sidoarjo yang digelar di Fave Hotel, Sidoarjo, Kamis (23/2).

Politisi senior PDI Perjuangan ini mengungkapkan jika pemerintah terus gencar melakukan sosialisasi dukungan. Baik berupa pelatihan ataupun bantuan pendanaan kepada masyarakat pegiat UMKM.

“Harapan saya, peserta seminar ini dapat memanfaatkan peluang ini. Sebab program dari Kementerian Perindustrian dapat menyaring tenaga kerja. Inilah yang berusaha kita wujudkan,” harapnya.

Anggota DPR RI dari Dapil Jatim 1 (Surabaya dan Sidoarjo) ini meminta agar masyarakat siap dan bersedia untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan minat mereka untuk meningkatkan ketrampilan yang mereka miliki.

“Kami dari Komisi Vll  DPR RI mitra kerjanya BRIN telah memfasilitasi pengembangan WUB IKM atau pelaku UMKM di Sidoarjo sebagai salah satu sektor yang memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat pasca Covid-19,” jelasnya.

Lebih jauh Bambang menjelaskan,  pada tahun 2022 lalu, berbagai pelatihan ketrampilan juga telah dilaksanakan oleh pihaknya beserta Kementerian Perindustrian dan BRIN. Sasarannya pelaku usaha baru di usia produktif dan giat ikuti pelatihan dan lain-lainya sampai mereka siap menjadi entrepreneur

“Bebagai kegiatan kami di tahun 2022 kemarin. Ada sekitar 2000 orang kini telah bergabung dengan perusahaan multinasional serta ada yang menjadi entrepreneur mandiri,” paparnya.

Sementara itu Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sidoarjo Samsul Hadi menambahkan, seminar ini dilaksanakan 3 hari dengan peserta dan materi yang berbeda-beda setiap harinya.

“Secara garis besar acara ini untuk menciptakan wirausaha baru. Mulai dari seminar dan ke depannya adalah pelatihan. Dengan penargetan 20 ribu peserta secara nasional per tahun.” kata pria yang akrab disapa Samhad ini.

Samhad melanjutkan, pada program pelatihan dan pengembangan ketrampilan ini, peserta tidak hanya memiliki sertifikasi keterampilan. Namun juga akan disalurkan ke perusahaan bagi mereka yang bersedia. “Bagi warga Sidoarjo, kegiatan ini adalah kesempatan yang baik, jangan sampai disia-siakan,” yakin pria yang juga tenaga ahli Komisi VII DPR RI tersebut.

Peserta yang antusias mengikuti seminar mengatakan senang mendapat ilmu secara langsung. Seperti halnya warga Waru bernama Erlangga. Ia mengaku jika ingin membuka usaha yang sesuai dengan tema seminar.

“Program dari Komisi VII DPR RI bersama Kementerian Perindustrian untuk WUB IKM ini sangat bagus bagi anak muda yang ingin mengembangkan usahanya di bidang fashion. Baik strategi pemasaran atau yang baru saja merintis,” ungkap Erlangga.(dan)

Related posts

Pasokan Line Up Peugeot Kembali Normal

Rizki

Semen Indonesia Raih 19 Penghargaan ISDA 2022dari CFCD

Rizki

Mr X Tewas Tabrak Pantat Truk Kontainer

Rizki