Neo-Demokrasi
Headline Kesra

Antisipasi Penyebaran PMK, Masifkan Penyekatan Hewan di Batas Kota

Polisi memeriksa kendaraan yang mengangkut sapi.

Sidoarjo, NEODEMOKRASI.COM – Polresta Sidoarjo terus memasifkan penyekatan kendaraan muatan sapi di batas kota. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi, kambing, dan binatang ternak berkuku belah.

Di sejumlah pos polisi yang ada di batas kota juga telah disiapkan pos penyekatan hewan ternak. Tujuannya untuk dilakukan pengecekan kondisi hewan tersebut.

“Kami bersama dinas terkait melakukan penyekatan kendaraan bermuatan hewan ternak seperti sapi. Untuk diarahkan ke posko pemeriksaan kesehatannya yang ada di RPH. Bila dalam kondisi sakit atau tidak menyertakan surat keterangan sehat dari dinas terkait maka akan diputar balik,” jelas Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, Selasa (7/6), saat mengecek pos penyekatan hewan ternak di wilayah Krian.

Kondisi serupa juga diberlakukan bagi siapapun yang akan membawa hewan ternak dari Sidoarjo keluar daerah. Polisi akan melarang pengiriman hewan ternak keluar daerah jika tidak dilengkapi surat sehat.

Penyekatan hewan ternak ini sendiri sengaja digelar, sebagai upaya untuk antisipasi penyebaran PMK pada hewan ternak sapi, apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha.(dan)

 

 

 

Related posts

Tak Kenal Libur, SRPB Jatim-ITS Terus Bikin Face Shield

neodemokrasi

Pria Asal Surabaya Tewas Ditabrak Truk Tronton

Rizki

Ada Sanksi Tegas bagi Pelanggar PPKM Darurat

Rizki